nusakini.com-- Kementerian Pemuda dan Olahrag RI melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengapresiasi keberhasilan atlet extreme sport Indonesia yang berhasil menang di level kelas dunia dalam diajang Festival International Des Sport Extremes (FISE) Sport Series 2016 di Montpellier, Prancis pekan lalu.

Isnanta menyampaikan Tim extreme sport Indonesia dilepas tanpa  target. Tapi, Sanggoe Darma Tanjung yang turun dikelas skateboarding amateur tampil sebagi juara di final. "Berkat dukungan masyarakat khususnya Kemenpora, saya sangat bangga dapat membawa nama baik Indonesia ke mata dunia, saya sangat senang sekali, saya tidak menyangka akan mencapai prestasi sejauh ini, ” tutur skater yang masih berusia 14 tahun .

Sedangkan di kategori BMX Fllatland Master, Tim Extreme Sports Indonesia menempatkan Januar Sutanto (Botay) sebagai pemenang di final dari 45 peserta yang tampil. Botay mengharapkan kedepan pemerintah lebih memperhatikan lagi cabang-cabang olahraga nonprestasi seperti ini. "Saya sangat senang. Saya akan berlatih lebih giat lagi untuk dapat naik ke kelas selanjutnya, ' ujar Botay. 

Staf Khusus Menpora Bidang Olahraga M. Khusen Yusuf menambahkan bahwa potensi olahraga extreme di Indonesia sangat besar dan akan dikelola dengan baik, "Sebelum menuju tingkat nasional, kita akan menggelar beberapa kejuaraan didaerah, saya kira ini menjadi pintu awal pembuka untuk pengembangan olahraga extreme kedepannya, " ujar Khusen. (p/ab)